Pergerakan Awan Di Langit

     Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyantuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun.
      Udara mangandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air kecil yang memutih itu disebut awan.
       Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu menurun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar karena terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan diatas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi.
      Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pergerakan Awan Di Langit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serbalengkapsemuanya.blogspot.com/2014/03/pergerakan-awan-di-langit.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sabtu, 01 Maret 2014

Belum ada komentar untuk "Pergerakan Awan Di Langit"