Peralatan P3K dan Cara Penggunaannya

   Peralatan atau perlengkapan pertolongan pertama pada kmecelakaan minimal yang perlu dipersiapkan dalam usaha memberikan pertolongan, antara lain sebagai berikut :

1.Kasa Pembalut (Perban)
   Perban terbuat dari kain yang jarang dan tipis. Perban ini dipergunakan untuk membalut luka yang sudah ditutup kasa steril.

2.Kasa Steril
   Kasa yang sudah disterilkan digunakan untuk menutup luka. Kasa steril adalah kain yang bebas dari kuman kuman penyakit.

3.Plester
   Plester digunakan untuk merekatkan kasa penutup agar tidak terlepas. Dalam meletakan kasa penutup, plester ditempatkan pada beberapa tempat dan jangan melewati bagian tengah luka.

4.Plester Obat
   Plester obat (plester yang mengandung obat) biasanya digunakan untuk menutup luka kecil yang telah dibersihkan, misalnya akibat teriris atau tersayat benda tajam. Pada permukaan tengah plester terdapat lapisan yang mengandung obat.

5.Pembalut Segitiga
   Pembalut segitiga (mitella) biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan, luka di kepala atau cedera pada sendi lutut. Pembalut segitiga terbuat dari kain putih dengan ukuran 90 cm dan 125 cm. Pinggirnya tidak dijahit agar ketika dipakai tidak menekan luka atau cedera.

6.Kapas
   Kapas digunakan untuk membersihkan luka atau mengoleskan obat. Biasanya sebelum digunakan, kapas terlebih dahulu dibasahi dengam air bersih yang steril atau larutan pembersih luka, setelah itu baru dipakai untuk membersihkan luka yang kotor.

7.Gunting
   Gunting yang digunakan sebaiknya gunting perban tahan karat.

8.Lampu senter
   Lampu senter digunakan untuk melihat luka tertentu agar lebih jelas, misalnya suatu benda yang masuk ke telinga atau melihat benda yang sangat kecil di dalam luka.

9.Jepitan
   Jepitan (pinset) digunakan untuk mengambil suatu benda yang kecil di dalam luka atau mengambil kotoran yang melekat pada permukaan luka. Pinset juga biasanya dipakai untuk menjepit kapas atau kaca steril. Sebelum dipakai sebaiknya pinset dibersihkan dahulu dengan alkohol 70% atau direbus

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Peralatan P3K dan Cara Penggunaannya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serbalengkapsemuanya.blogspot.com/2014/03/peralatan-p3k-dan-cara-penggunaannya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 02 Maret 2014