Bahaya Merokok

Halo! ^_^
Sudah lama tidak posting, karena saya sibuk di dunia nyata.
Oke, postingan kali ini adalah *liat aja judulunya, ngapain gue beri tau lagi :v (bercanda)
To the point aja, ya. ^_^

Salah satu akibat dari pola hidup yang tidak sehat adalah kebiasaan merokok. Sebenarnya, kita sudah tahu bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, masih adaaa saja yang mengabaikannya. Katanya biar macho lah, keren lah, padahal, banci taman lawang juga ada yang merokok tuh! Ya nggak? :v
Oke, stop bercandanya, back to laptop. Kan, di bungkus rokok, sudah ada jelas-jelas tulisan seperti ini: "MEROKOK DAPAT MENYEBABABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN, DAN JANIN"
Atau, jangan-jangan, buta, kali, yah? Eh, enggak, lah, kalau bener-bener buta, pasti nggak bakal bisa naik mobil ke warung, cuman bisa beli rokok. Ya nggak? Tapi, anehnya, kan, udah jelas-jelas, rokok itu bahaya, tapi masih, ada, aja yang merokok. Seperti saudara-saudara kita, kakak, dan orangtua kita yang merokok dan tidak merasa bahwa perbuatannyaq merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebenarnya, apa, sih, yang membuatkan rokok itu berbahaya? Oke, here's the info's

Rokok itu mengandung ribuan zat, 50 persen di antaranya telah diklasifikasikan sebagai zat yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah radioaktif Polonium-201, Actone (bahan dalam cat), Amonia (pembersih toilet), naphthalene, DDT (pestisida) dan racun arsenik lainnya. Ngeri banget, kan? Selain itu, ketika dibakar, rokok mengeluarkan gas untuk hukuman mati. Belum lagi jika pembakar yang tidak sempurna dapat menghasilkan gas karbon monoksida (CO) yang membuat darah sulit mengambil oksigen dari paru-paru. Selain itu, zat-zat berbahaya dan sering disebut lainnya adalah tar dan nikotin. Tar adalah satu kesatuan dari 43 bahan yang dapat menyebabkan kanker. Sedangkan nikotin adalah zat yang dapat merangsang saraf dan otak yang dapat menimbulkan kecanduan. Pantas saja, banyak sekali, orang yang sulit untuk melepaskan diri dari rokok. Dan, dari keseluruhan kasus penyakit jantung yang terjadi pada manusia, 25% nya merupakan akibat dari merokok.

Nah, sekarang, Anda akan tahu penyakit-penyakit akibat dari merokok.

Ternyata, penyakit-penyakit dalam rokok tidak terbatas pada yang disebutkan dalam bungkus rokok saja. Akan tetapi, masih banyak jenis penyakit yang terkait dengan rokok lainnya, diantaranya adalah:
  1. Kanker kandung kemih
  2. Kanker lambung, usus dan colon
  3. Kanker mulut, tekak dan esofagus
  4. Kanker hati dan pankreas
  5. Kanker payudara, mulut rahim dan rahim
  6. Kanker paru-paru, bronkhitis dan infeksi saluran pernapasan kronis
  7. Penyakit jantung dan stroke hemoragik
  8. Pengeroposan tulang atau osteoporosis
  9. Penurunan kesuburan bahkan kemandulan
  10. Keguguran bahkan hingga melahirkan bayi yang cacat
  11. Emfisima, ulser peptik dan batuk menahun
  12. Lemah oto, penyakit gusi dan kerusakan pada mata
Banyak sekali, bukan, penyakit yang diakibatkan oleh merokok? Untuk menghindarinya, tentu saja kita harus mengembangkan pola budaya hidup sehat. Ajarkan kepada anak-anak Anda, keluarga, kerabat, atau orang yang Anda sayangi untuk tidak merokok, dan ajarkan mereka pola hidup yang berguna. ^_^

Terima kasih, semoga berguna. Kunjungi lagi lain kali, ya! ^_^
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Bahaya Merokok. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serbalengkapsemuanya.blogspot.com/2014/02/bahaya-merokok.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 25 Februari 2014

Belum ada komentar untuk "Bahaya Merokok"