Baju Baru Kaisar

 Pengarang: H. C. Anderson, Denmark

Dahulu kala, ada seorang Kaisar yang sangat suka mengenakan baju-baju baru. Dia menghabiskan banyak waktu hanya untuk memandangi pantulan dirinya di depan cermin, sehingga, ia tidak punya waktu lagi untuk mengerjakan hal-hal lain bagi kerajaanya. Dia selalu ingin mengenakan baju-baju baru di pagi hari, di siang hari, hingga di malam hari.

Pada suatu hari, dua orang asing datang di kotanya, mengaku bahwa mereka pandai menenun dan sanggup menghasilkan kain yang sangat istimewa. Kain hasil tenunan mereka memiliki warna-warni dan pola yang khusus, dan dengan kualitas sedemikian tingginya, sehingga kain-kain itu tidak terlihat, kecuali oleh orang-orang yang pintar.

Ketika sang Kaisar mendengar itu, ia berpikir, "Itu bagus. Aku akan tahu, siapa saja orang yang pintar dan siapa saja orang yang bodoh."

Kaisar pun dengan segera memanggil kedua orang itu untuk membuatkan baju-baju baru baginyam dari kain istimewa ini. Sebuah ruangan diberikan kepada mereka di istana, dan semua benang-benang emas yang mereka pinta. Mereka kemudian menyembunyikan benang-benang emas itu didalam tas dan berpura-pura bekerja keras.

Beberapa hari kemudian, Kaisar tidak sabar lagi untuk segera melihat baju barunya, tetapi dia khawatir tidak akan bisa melihatnya. Pikirnya, "Aku tidak mau orang mengira aku ini tidak pantas untuk menjadi seorang Kaisar, kalau aku tidak bisa melihat baju tersebut." Maka, Kaisar pun mengetus seorang Mentri seniornya yang sudah tua dan bijaksana, untuk melihatnya terlebih dahulu.

Ketika Mentri Senior tersebut mengunjungi para penenun di ruangan mereka, ruangannya kosong. "Aku tidak bisa melihat bajunya!" pikirnya panik, tetapi, dia tidak mau mengakuinya. Para penenun itu memintanya untuk mendekat dan mengagumi keindahan warna-warninya dan pola-polanya. Sang Mentri Senior pun berpikir, "Apakah aku bodoh?"

Ketika para penenun menanyakan pendapatnya mengenai hasil kerja mereka, dengan cepat ia menjawab, "Indah sekali! Tidak pernah kulihat hasil karya yang sebagus ini sebelumnya. Aku harus memberitahukannya kepada Kaisar!" Setelah sang Mentri Senior berlalu dari ruangan itu, kedua penipu tersebut pun ketawa terbahak-bahak.

Tak lama kemudian, Kaisar muncul untuk melihatnya sendiri. Dia melihat, dan melihat lagi, tetapi tidak ada yang dilihatnya. Namun, ia tidak mau mengakuinya dan dianggap bodoh, maka Kaisar berseru, "Hasil karya yang sangat menakjubkan! Aku tidak sabar untuk segera memakai baju baruku!"

Tibalah harinya bagi Kaisar untuk mengenakan pakaian istimewanya ini pada acara pawai keliling kota. Para penenun membantunya untuk memakai baju barunya, walaupun Kaisar tidak bisa melihat apa-apa. Kaisar hanya merasa kedinginan, tetapi dia diam saja, dan tidak hentinya berputar-putar dicermin hanya untuk mengagumi dirinya sendiri.

Ketika ia berangkat ke kota, semua orang yang disekelilingnya mengatakan, "Wah, cocok sekali! Kaisar tampak sangat tampan!" Mereka juga tidak mau mengakui bahwa mereka tidak melihat apa-apa.

Semua orang yang melihat Kaisar di luar istana telah mendengar kabar tentang baju istimewa yang akan dipakai oleh Kaisar. Begitu Kaisar muncul, mereka syok. Tetapi, dengan sopan mereka tetap berseru-seru, "Hidup Kaisar! Hidup baju baru Kaisar!" Tidak seorang pun yang mau ketahuan kalau mereka tidak melihat apa-apa dan dianggap bodoh.

Mendadak, terdengar jelas suara teriakan seorang anak kecil, "Tetapi, dia tidak memakai baju!"

Semua orang terdiam, tetapi Kaisar tahu bahwa anak kecil itu berkata jujur. Kaisar pun kembali ke istana dengan kepala yang terangkat tinggi-tinggi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Dongeng dengan judul Baju Baru Kaisar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://serbalengkapsemuanya.blogspot.com/2014/03/baju-baru-kaisar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sabtu, 08 Maret 2014

1 Komentar untuk "Baju Baru Kaisar"

Gamis Baru mengatakan...

bagus ceritanya,
saya juga suka dengan yang seperti ini